www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Tok Imam Kampung Lubuk Damar : Sudah Proyek Rehab MCK Masjid Tak Siap, Pelaksana Juga Pinjam Uang Kas Masjid 15 Juta Tak Dibayar, Warga & Datok Marah
Kamis, 14-07-2022 - 02:18:51 WIB
TERKAIT:
   
 

Poto. Rehab MCK Masjid Kampung Lubuk Damar yang Tak Siap & Buku Ambilan Pinjaman Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan Masjid. Dok : tribunsatu.com/ Afrizal]



ACEH TAMIANG, TRIBUNSATU.COM Proyek rehabilitasi masjid swakelola, rehab MCK, di masjid Kampung Lubuk Damar, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Tahun 2020, tak selesai dikerjakan.

Pelaksana proyek rehab MCK tersebut dikerjakan oleh ketua panitia pembangunan masjid kampung tersebut.

Hal ini dikatakan Tok Iman kampung (desa) Lubuk damar, Leman, kepada tribunsati.com Sabtu, (9/7/2022).

Dia mengatakan, pelaksana pekerjaan proyek rehabilitasi masjid pembuatan MCK di Masjid Kampung Lubuk Damar, dikerjakan oleh ketua Penitia pembangunan masjid kampung lubuk damar ini.

"Yang kerjakan rehab MCK itu, penitia pembangunan masjid lubuk damar ini, Pono namanya, Dia yang kerjakan,"ujarnya.

Dia juga mengatakan, selain MCK tersebut tak selesai atau tak siap dikerjakan oleh nya, di tahab awal pembangunan MCK, ketua pembangunan masjid tersebut telah meminjam uang kas masjid untuk membeli bahan matrial pembangunan MCK tersebut dengan janji setelah dana proyek rehabilitasi masjid tersebut keluar uang masjid yang di pinjam dikembalikan.

"Aduh, Kalau masalah bangunan MCK itu, saya udah bingung mau ngadu kemana, soalnya, sudah bangunan dikerjakan tidak siap, uang masjid yang dipinjam ketua panitia pembangun masjid ini sampai saat ini belum juga dia kemlikan,"ucapnya.

Dijelaskannya, uang kas masjid yang dipinjam oleh ketua pembangunan masjid lubuk damar tersebut sebanyak kurang lebih 15 juta rupiah.

Dia menambahkan, uang kas masjid yang di piinjam tersebut tidak langsung 15 juta, namun bertahab dan totolnya semua 15 juta.

"Dia minjam nya enggak sekali ambil 15 juta, ada 3 juta, 1 juta, 2 juta, 700 ratus dan 500, banyak lagi, pembukuan pinjaman dia sudah ada saya simpan semua,"ujarnya.

"Total pinjaman pono itu, semua ada 15 juta,"tambahnya.

Dia juga menerangkan, terkait uang masjid yang dipinjam belum dikembalikan tersebut dirinya sudah menyampaikan kepada masyarakat kampung dan datok penghulu (kepala desa) lubuk damar.

"Sudah saya beritahukan prihal ini kepada masyarakat dan Datok Penghulu, Datok Penghulu beserta masyarakat marah besar saat saya beritahukan prihal ini terutama masyarakat,"ucapnya.

Tok Imam kampung lubuk damar tersebut juga barharap adanya pihak terkait untuk mengusut tuntas permasalahan ini agar uang masjid dikembali dan bangunan MCK tersebut diselesaikan atau disiapkan.

Sementara, ketua Penitia pembangunan masjid Lubuk Damar, Pono, selaku plaksana pekerjaan rehab MCK itu, saat dikonfimasi melalui telepon seluler, Sabtu, (9/7/2022) sekira pukul 12:47 WIB, membenarkan diri nya ada memakai uang masjid tersebut saat dirinya sedang mengerjakan pembangunan MCK pada kala itu

Dia mengatakan uang yang dia pakai atau uang yang dipinjam tersebut tidak mencapai 15 juta dan uang yang diapakai tersebut bukan lah dipijam melainkan untuk penambahan pembangunan MCK tersebut.

"Uang masjid yang saya pakai itu, bukan pinjam, melainkan untuk penambahan dana pembangunan MCK itu, karena dana nya kurang, soalnya kemaren itu anggaranya rehabilitasi masjid tersebut sebagian di potong untuk dana covid - 19,"katanya.

"Jadi saya pakai uang itu untuk penambahan bangunan MCK tersebut soalnya, RAB dikerjaan MCK tersebut tidak di rubah,"tambahnya.

Disisi lain, Datok Penghulu (kepala desa) Lubuk Damar, Wahab, dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan, dirinya sangat kecewa atas pekerjaan pembangunan MCK di masjid Kampung Lubuk Damar yang dikerjakan oleh ketua penitia pembangunan masjid tersebut.

Dia menyebutkan, penita pembangunan masjid tersebut harus bertanggung jawab dengan ketedak selesainya pembangunan MCK tersrbut.

"Ketua pembangunan masjid tersebut selain harus bertanggung jawab dia juga harus kembalikan uang masjid yang dipinjamnya,"imbuhnya.

Pantuan dilolasi MCK, proyek tersebut
berasal dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Aceh tahun 2020 dan dikerjakan secara swakelola dilihat dari plang proyeknya.

Anggaran proyek tersebut dari anggaran Pendapat Belanja Aceh (APBA) tahun 2020.

Nilai pagu berkisaran Rp. 63,670,000,- (enam puluh 3 juta 6 ratus 7 puluh ribu rupiah) Sumber dana Otsus Swakelola.

Pelaksana penitia pembangunan Masjid Kampung Lubuk Damar Kecamatan Seruway

Sedangkan tanggal selesai pekerjaan tersebut tak tertulis di plang proyeknya hanya yang tertulis tanggal mulai kerja 01 september 2020.

Semetara Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Aceh terkait pekerjaan rehabilitasi masjid desa lubuk damar tak selesai dikerjakan oleh pihak ketua pembangunan masjid desa tersebut belum dapat dikonfirmasi hingga berita ini ditayangkan.[Afrizal]



 
Berita Lainnya :
  • Tok Imam Kampung Lubuk Damar : Sudah Proyek Rehab MCK Masjid Tak Siap, Pelaksana Juga Pinjam Uang Kas Masjid 15 Juta Tak Dibayar, Warga & Datok Marah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved