www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Wartawan Di Kab. Rokan Hulu, Demo Di Kantor BUPATI
Kamis, 09-05-2024 - 10:18:54 WIB
TERKAIT:
   
 

Rokan Hulu Riau  – Puluhan Wartawan yang bertugas di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau melakukan Aksi Damai (Demo) di Kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul) – Riau, Rabu, (8/5/2024) Pagi.

Puluhan Wartawan yang mengatasnamakan Gabungan Wartawan Terzholimi (GAWAT) ini melakukan Aksi Unjuk Rasa dikarenakan adanya dugaan perlakuan diskriminatif dari Pihak Diskominfotik Rohul dan disinyalir kurang transparansi terkait alokasi Anggaran Publikasi Media. Dan, Pendemo meminta Bupati Rohul agar segera mengevaluasi kinerja Diskominfotik Rohul dibawah kepemimpinan M.Sofwan.

Terpantau, Pendemo yang merupakan Juru Warta itu, sebelum aksi, berkumpul di Bundaran Komplek Praja Pemkab Rohul, kemudian bergerak berjalan kaki langsung menuju kantor Bupati Rohul dengan membawa alat peraga aksu berupa, Spanduk, kertas Karton berisi tulisan tuntutan, serta Toa (Pengeras Suara).

Rian Alfian, Koordinator Umum (Kordum) memimpin aksi bersama rekan rekannya. Setelah tiba di gerbang Kantor Bupati,tampak Pintu gerbang tertutup dan sudah dikawal oleh Puluhan anggota Satpol PP ,serta puluhan Polisi setempat.

Turut hadir dalam aksi tersebut, Ketua SPRI Rohul Faisal Purba, Ketua PPDI Rohul Sabar Frieden Sitanggang, Ketua SPI Rohul Nuri, Ketua IMO Darman Zega, Sekretari DPC JOIN Esra Simbolon, Ketua PWRI Panigoran Dasopang serta puluhan Wartawan Lintas Media.

“ Dinas Kominfotik Rohul terkesan tidak terbuka alias tidak transparan dan tidak akuntabel dalam pengelolaan Anggaran Media,” teriak Ketua GWI Rohul Rian Alfian dalam orasi pembukanya. Selain itu, lanjut Rian Alfian, Pria yang akrab disapa Bang Gondrong, mengatakan bahwa, DisKominfotik Rohul dinilai terkesan membeda bedakan Wartawan.

“Ada yang di istimewakan dan ada yang dimarjinalkan, kayak ada anak kandung dan anak tiri,” tegasnya.

Dijelaskannya, Massa Gawat yang datang ingin menyampaikan aspirasi terkait kebijakan Pemkab Rohul kepada Wartawan yang dinilai pilih kasih dan terkesan diskriminatif.

“Sebab, terkesan tidak Adil, khususnya pengelolaan Anggaran Publikasi Media, komitmen dan Jaminan untuk mendukung penuh kinerja Insan Pers, selaku mitra kerja Pemkab Rohul,” paparnya.

GAWAT juga menyampaikan kepada Diskominfotik Rohul agar membayarkan penuh kerjasama Media selama 1 (satu) tahun terhitung mulai Januari sampai dengan Desember.

Dalam Aksi Pendemo di Depan Kantor Bupati Rohul tersebut, sayangnya tidak ada Bupati Rohul, H.Sukiman, serta Wabup Rohul H.Indra Gunawan maupun Sekdakab Muhammad Zaky STTP.,M.Si.

Para Awak Media itu, hanya disambut oleh Kadis Kominfotik Muhammad Sofwan,Sos, Kabid Kominfo Rudi Fahrial, yang kemudian menemui pendemo dan merespon serta memberikan penjelasan terkait tuntutan Para Pendemo.

“Sekarang ini, sifatnya zaman keterbukaan, semua Anggaran dilaksanakan secara transparan. Anggaran terbatas, hanya Rp.1,4 Milyar dari Rp.5 Milyar lebih yang kita ajukan. Nanti akan kita lakukan pertemuan lagi, untuk membahas hal ini di Dinas Kominfotik,” kata Kadis Kominfotik Rohul, M. Sofwan.

Kemudian, Kabid Kominfotik Rohul Rudi Fadrial menambahkan ”Kedepan Kerjasama dengan Media akan kita buat melalui E- Wartawan, sehingga berita Pemkab kita buat Pesanan melalui Aplikasi E-Wartawan” ucapnya.

Untuk pengamanan aksi, terpantau Puluhan anggota Polres Rohul dan Polsek Rambah dipimpin Kanit Propam Iptu H.Panjaitan, Kapolsek Rambah Iptu Hendra Sitorus SH.,MH, serta para Perwira Personil Polres, anggota Polsek Rambah dan SatPol PP Rohul mengawal ketat jalanya aksi.

Setelah berorasi selama kurang lebih satu jam, massa Gawat kemudian membubarkan diri dengan tertib. Situasi aksi berjalan aman dan terkendali Kondusif.




 
Berita Lainnya :
  • Wartawan Di Kab. Rokan Hulu, Demo Di Kantor BUPATI
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved